Redenominasi Rupiah, Apa dan Mengapa?

Gambar
Bayangkan kamu sedang berbelanja di minimarket. Harga sebotol minuman tertulis 15.000. Sekarang, bayangkan harga yang sama ditulis sebagai 15. Apa yang terjadi? Uangnya hilang? Nilainya berkurang? Tidak juga! Inilah gambaran sederhana dari sebuah kebijakan moneter yang disebut redenominasi . Apa itu Redenominasi? Singkatnya, redenominasi adalah menyederhanakan denominasi (angka nominal) mata uang dengan mengurangi jumlah digit (angka nol) tanpa mengurangi nilainya . Analoginya: Kamu punya uang Rp 100.000 di dompet. Setelah redenominasi, uang itu akan ditulis sebagai Rp 100. Namun, daya belinya TETAP SAMA. Dulu Rp 100.000 bisa membeli 10 buku tulis, setelah redenominasi, Rp 100 tetap bisa membeli 10 buku tulis yang sama. Hanya angkanya saja yang dipotong. Redenominasi BUKAN Sanering! Ini adalah hal yang paling penting untuk dipahami. Banyak orang menyamakan redenominasi dengan sanering, padahal keduanya sangat berbeda. Aspek Redenominasi Sanering Nilai Uang Tidak Berubah . Daya beli ...

Membuat Thread Sederhana (Bagian 1)

1. Siapkan komputer atau laptop dengan sistem operasi Linux dan compiler gcc
2. Buka text editor
3. Ketikkan kode berikut :
a. ) simple thread

#include <pthread.h>
#include <stdio.h>

void *print_message_function1(void *ptr);
void *print_message_function2(void *ptr);

int max1=15;
int max2=10;
int main()
{
    pthread_t thread1, thread2;
   
    pthread_create( &thread1, NULL, &print_message_function1, NULL );
    pthread_create( &thread2, NULL, &print_message_function2, NULL );
    puts("press enter");
    getchar();
}

void *print_message_function1(void *ptr)
{
    int i = 0;
    char *message="Pesan dari thread 1";
    for(i=0;i<max1;i++) printf("%s \n", message);

    return NULL;
}

void *print_message_function2(void *ptr)
{
    int i = 0;
    char *message="Pesan dari thread 2";
    for(i=0;i<max2;i++) printf("%s \n", message);

    return NULL;
}


4. Simpan dengan nama thread.c
5. Compile dengan gcc thread thread.c -lpthread
6. Coba jalankan berulang-ulang dan amati hasil outputnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SR Latch & Flip-Flop (Rangkaian Sekuensial 1 part 2)

Privacy Policy

Parent, Child, Zombie, Orphan and Daemon (Process)